Doa Kepada Orang Tua ..

Assalammualaikum Wr Wb
Tuhan telah memberikan kepada kita sesosok orang yang akan menyayangi kita sepenuhnya dari belaian sampai liang lahat. Anugerah terbesar Tuhan kepada kita semua, dua sosok orang yang senantiasa membimbing kita ke jalan-Nya.

Ibu dan Ayah ..
Dua sosok manusia yang akan selalu melindungi kita sampai akhir hayatnya.
Ibu ..
Ibu yang bersusah payah mengandung kita selama 9 bulan dalam kandungannya, dia selalu memperhatikan kita selama 9 bulan dalam kandungannya dan tidak berhenti tersenyum dan mengucapkan doa kepada Allah agar kita dapa tterlahir ke dunia ini dengan selamat.
Lalu dengan susah payah beliau melahirkan kita kedunia ini dengan mempertaruhkan nyawanya, meskipun harus berjuang keras tapi dia tersenyum setelah melihat rengekan bayi yang baru saja lahir kedunia ini. Tidak samapai disitu dia berusaha mati-matian menghidupi kita samapai akhirnya kita bisa mandiri.
“Kasih ibu sepanjang masa”
bagaimanapun kita berusaha untuk membayar perjuangan seorang ibu tetap tidak akan bisa menebus segala keringat dan peluhnya.
Ayah ..
Sesosok manusia yang dapat mengayomi keluarganya dengan penuh kasih sayang, dari dirinyalah kita dapat hidup dan tumbuh besar, dari keringatnyalah kita bisa mengecap manisnya dunia. tanpa meminta dia selalu berusaha memberikan barang sesuap nasi. Banting tulang dan kerja kerasnyalah yang bisa menghidupi kita sampai menjadi anak yang sukses.
Lalu apa yang telah kita berikan selama ini kepada mereka berdua? setelah apa yang mereka berikan pada kita lewat jerih payah banting tulang mereka untuk dapat menghidupi kita??
Kita hanya bisa meminta apa yang kita mau kepada mereka tanpa berfikir beban berat mereka untuk menghidupi keluarga. Bahkan terkadang kita membentak mereka dengan nada yang sangat tinggi dan melukai hati mereka, hanya karena tidak mendapat apa yang kita mau.
Mari bercermin apakah tingkah laku kita selama ini kepada mereka sudah benar? sudah sesuaikah perilaku kita kepada kedua orangtua kita, sesuai ajaran Rasulullah?
ada sebuah hadist yang menyatakan : “Apabila seorang meninggalkan do’a bagi kedua orang tuanya maka akan terputus rezekinya.” (HR. Ad-Dailami)
Yang bisa kita lakukan bila kedua orang tua kita sudah tiada adalah dengan selalu mendoakan mereka disana. :

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah:

Robbirhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo

“Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” [Al Israa’:24]

Robbanaghfir lii wa lii waalidayya wa lilmu’miniina yawma yaquumul hisaab

“Ya Tuhan kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).” [Ibrahim:41]

Robbighfir lii wa li waalidayya wa li man dakhola baytiya mu’minan wa lilmu’miniina wal mu’minaati wa laa tazidizh zhoolimiina illa tabaaro

“Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan.” [Nuh:28]

Robbighfir lii wa li waalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiroo

“Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku dan kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.”

Semoga bermanfaat.
Wassalammualaikum Wr. Wb

Iklan
Ditulis dalam Islam. Leave a Comment »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: