Neraka Jahannam


Kata Jahannam berasal dari bahasa Parsi yang berarti sumur yang dalam atau sesuatu yang sangat dalam. Kata “Naru jahannama” berarti api yang berada di suatu yang sangat dalam. Di dalam surah At-Taubah ayat 34 dan 35 digambarkan bahwa perbuatan orang-orang yang menyimpan kekayaan tanpa mau memberikan zakatnya atau orang-orang yang menghalangi seseorang dari jalan Allah akan menerima keadaan bahwa harta dan usahanya menghalani seseorang dari jalan Allah akan menamah pansanya api neraka Jahannam yang diterima. Panas api Jahannam itu ditempelkan (atau dirasakan) pada dahi, lambung, dan punggung agar orang-orang merasakan akibat harta yang mereka simpan.

Ayat Al-Qur’an tentang Neraka Jahannam
“Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan. Sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang munkar dan melarang berbuat yang ma’ruf dan mereka menggenggamkan tangannya. Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik. Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan bagi mereka azab yang kekal” (Q.S. At-Taubah: 67-68)
Firman Allah,”Allah mengancam kaum munafik laki-laki dan perempuan serta orang-orang kafir dengan neraka Jahannam”, karena perbuatan mereka yang telah diceritakan itu,”Cukuplah ia bagi mereka”, yakni Aku mencukupi mereka dalam hal azab.”Allah melaknat mereka”, yakni mengusir dan menjauhkan mereka.”bagi mereka azab yang kekal”, yakni abadi tanpa henti.

Para Penghuni Neraka Jahannam
1. Orang-orang kafir
“Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kedustaan terhadap Allah atau mendustakan yang hak tatkala yang hak itu datang kepadanya? Bukankan dalam neraka Jahannam itu ada tempat bagi orang-orang kafir?.”(Al-Ankabut:68)
2. Orang-orang munafik sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam tafsir ayat diatas.
3. Orang-orang yang durhaka kepada Allah
“Dan kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahannam dalam keadaan dahaga.”(Maryam:86)
4. Para Pengikut Syaitan
“Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya.”(Al-Hijr:43)
5. Mengingkari kebenaran ajaran para nabi dan Rasul Allah
“Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan kami masukkan ia kedalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruknya tempat kembail.”(An-Nisa:115)
6. Mati dalm keadaan penuh dengan dosa.
“Sesungguhnya barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan berdosa. Maka sesungguhnya baginya neraka Jahannam. ia tidak mati di dalamnya dan tidak (pula) hidup.”(Thaha:74)
7. Orang-orang yang Murtad
“Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang telah menukar nikmat Allah dengan kekafiran dan menjatuhkan kaumnya ke lembah kebinasaan?,Yaitu neraka Jahannam;mereka masuk kedalamnya;dan itulah seburuk-buruknya tempat kembali.”(Ibrahim:28-29)
8. Orang yang enggan berinfak di jalan Allah
“Hai orang-orang yang beriman, sesungghnya sebagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahiv Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah. Maka beritahukanlah kepada mereka,(bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih. Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka:”Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri. Maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.”(At-Taubah: 34-35)

Satu Tanggapan to “Neraka Jahannam”

  1. Neraka Jahannam | Fajaribanget's Blog Says:

    […] Para Penghuni Neraka Jahannam 1. Orang-orang kafir “Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan kedustaan terhadap Allah atau mendustakan yang hak tatkala yang hak itu datang kepadanya? Bukankan dalam neraka Jahannam itu ada tempat bagi orang-orang kafir?.”(Al-Ankabut:68) 2. Orang-orang munafik sebagaimana yang telah dijelaskan di dalam tafsir ayat diatas. 3. Orang-orang yang durhaka kepada Allah “Dan kami akan menghalau orang-orang yang durhaka ke neraka Jahannam dalam keadaan dahaga.”(Maryam:86) 4. Para Pengikut Syaitan “Dan sesungguhnya Jahannam itu benar-benar tempat yang telah diancamkan kepada mereka (pengikut-pengikut syaitan) semuanya.”(Al-Hijr:43) 5. Mengingkari kebenaran ajaran para nabi dan Rasul Allah “Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan kami masukkan ia kedalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruknya tempat kembail.”(An-Nisa:115) 6. Mati dalm keadaan penuh dengan dosa. “Sesungguhnya barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan berdosa. Maka sesungguhnya baginya neraka Jahannam. ia tidak mati di dalamnya dan tidak (pula) hidup.”(Thaha:74) 7. Orang-orang yang Murtad “Tidakkah kamu perhatikan orang-orang yang telah menukar nikmat Allah dengan kekafiran dan menjatuhkan kaumnya ke lembah kebinasaan?,Yaitu neraka Jahannam;mereka masuk kedalamnya;dan itulah seburuk-buruknya tempat kembali.”(Ibrahim:28-29) 8. Orang yang enggan berinfak di jalan Allah “Hai orang-orang yang beriman, sesungghnya sebagian besar dari orang-orang alim Yahudi dan rahib-rahiv Nasrani benar-benar memakan harta orang dengan jalan batil dan mereka menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah. Dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah. Maka beritahukanlah kepada mereka,(bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih. Pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka:”Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri. Maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.”(At-Taubah: 34-35) Ditulis dalam Neraka adalah Kesengsaraan abadi. Tinggalkan sebuah komentar » […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: