Seluk Beluk Neraka

Apabila pembahasan tentang surga bermakna kesenangan dan kenikmatan yg belum terbayang oleh mata, terdengar oleh telinga ataupun terlintas di dalam hati manusia, maka pembicaraan atas neraka adalah sebaliknya. Sungguh, neraka adalah tempat kesengsaraan yg sangat mengerikan. Neraka adalah tempat siksa dan azab Allah diturunkan dengan sebenar-benarnya azab bagi orng-orng yg berbuat durhaka kepada Allah selama hidup di dunia. Bila kita melihat azab dunia sperti gempa bumi, atau gunung meletus, maka itu hanya sepersekian dari api neraka.

Betapa mengerikannya siksa neraka, kita tidak akan sanggup utk membayangkannya apalagi melihatnya. Rasulullah sendiri telah menerangkan hal ini dalam hadistnya:

Dari sahabat Anas bin Malik ra, Rasulullah saw bersabda: “Demi dzat yg jiwaku ada di tangan-Nya, seandainya kalian melihat apa yg aku lihat, niscaya kalian akan sedikit tertawa dan banyak menangis.” Para sahabat bertanya. ” Apa yg engkau lihat y Rasulullah saw.” Beliau saw menjawab: “Aku melihat Al Jannah dan An Naar.” (HR. Muslim)

Definisi

Kata neraka yang diambil dari bahasa Ibrani secara bahasa merupakan unggun api. Di dalam Al-Qur’an, neraka disebut An-Nar. Sesungguhnya neraka adalah tempat siksaan yang kekal dan abadi bagi orng-orng yg durhaka kepada Allah.

“Dan orng-orng yang berkata:”Ya Tuhan kami, jauh kan azab Jahannam dari kami. Sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yg kekal. Sesungguhnya Jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.” (Al-Furqan:65-66)

Letak Neraka

Apabila Neraka itu ada, maka pertanyaan selanjutnya adalah dimanakah tempatnya? Untuk menjawab pertanyaan ini, para ulama berbeda pendapat tentang dimanakah letak neraka ini. Sebagian menjawab neraka berada di bumi bagian bawah sedangkan yang lain berpendapat ada dilangit. Sementara ada golongan lain yang tidak mau membicarakan tentang letak neraka itu sama sekali. Salah satu ulama yang tidak mau membicarakan masalah ini adalah al-Hafizh as-Suyuti. as-Suyuti berkata:”Jangan bicarakan soal neraka, yaitu jangan bicarakan dimana kemungkinan lokasinya, karena tidak ada yang mengetahui soal ini kecuali Allah. Dan sepanjang yang saya ketahui, tidak ada hadist yang dapat dipercaya mengenai soal ini.”

Luas Neraka

Sesungguhnya neraka diciptakan Allah dengan area yg amat luas dan memiliki daya tampung yang tidak akan penuh walaupun telah dimasuki oleh orng-orng yang durhaka kepada Allah dari zaman nabi Adam as hingga hari kiamat. Hal ini dijelaskan Al-Qur’an dalam surat Qaaf ayat 30.

“(dan ingatlah akan) hari (yang pada hari itu) kami bertanya kepada Jahannam: ” Apakah kamu sudah penuh?”dia menjawab:”Masih ada tambahan?”

Dalam ayat ini, Allah menegaskan bahwa walaupun seluruh manusia yang durhaka pada Allah dari zaman Nabi Adam as hingga hari kiamat dijadikan satu di dalam neraka Jahannam maka itu tidak akan membuat neraka menjadi sesak dan masih ada ruang untuk tambahan manusia yang durhaka. Sungguh betapa luasnya neraka.

Kedalaman Neraka

Bila neraka diciptakan dengan area yang sangat luas, lalu bagaimana dengan kedalamannya? Tentu saja apabila areanya seluas itu dan memiliki kapasitas yang besar tentu memiliki kedalaman yang seimbang pula. Seimbang dalam artian kedalamannya juga dalam ukuran yang luar biasa. Hal ini ditegaskan di dalam hadist Rasulullah saw berikut ini.

Dari Abu Hurairah ra, beliau saw berkata:”Kami pernah bersama Rasulullah saw, tiba-tiba kami mendengar sesuatu yang jatuh, lalu beliau bersabda: “Tahukah kalian apakah itu?” Kami (para sahabat) menjawab:” Allah dan Rasul-Nya yang lebih ahu.” Kemudian beliau saw bersabda:”Ini adalah sebuah batu yang dilemparkan dari atas An-Naar sejak tujuh puluh tahun yang lalu, sekarang batu itu baru sampai didasarnya.” (HR. Muslim)

2 Tanggapan to “Seluk Beluk Neraka”

  1. Iswan Tuli Says:

    Jauhkanlah kami dai neraka jahanam
    Amin ya robbil alamin…
    Allahu akbar..Allahu akbar…Allahu akbar.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: