Surga Al-Maqamul Amin

Definisi

Kata Al-Maqamul Amin menurut Dr M Taquid-Din dan Dr M Khan berarti tempat yang dan diperuntukkan bagi orang-orang yang bertakwa. Sedangkan surga Al-Maqamul Amin ini terbuat dari permata putih.

Kata Al-Qur’an tentang Surga Al-Maqamul Amin.

Ad-Dukhaan:51-57

“Sesungguhnya orng-orng yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (yaitu)di dalam taman-taman dan mata air, mereka sutera yang hals dan sutera yang tebal, (duduk) berhadap-hadapan. Demikianlah dan kami berikan kepada mereka bidadari. Didalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran), mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia. Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka, sebagai karunia Tuhanmu, yang demikian itu adalah keberuntungan yang besar” (Ad-Dukhaan:51-57)

Setalah Allah menyebutkan suasana yang dialami orng-orng yang ditimpa kemalangan, dilanjutkan dengan menerangkan orng-orng yang berbahagia. dan karena inilah Al-Quran dianamakan kitab Matsani. Maka Allah berfirman “Sesungguhnya orng-orng yang bertakwa kepada Allah di dunia berada di tempat yang aman, yaitu di akhirat nanti adalah surga. Mereka akan meras aman di dalamnya dari kematian, di keluarkan dari sana, dan dari semua kesedihan, kegelisahan, kecapaian, dan rasa ait. Dan, akan merasa aman dari setan dan ganguannya. dari semua bencana dan musibah. “Yaitu di dalam taman-taman dan mata air-mata air’, dan ini merupakan kebalikan dari apa yang dialami oleh penghuni neraka, berupa pohon zaqum dan minuman yang sangat panas. Firman Allah selanjutnya ” Mereka memakai sutra yang tebal. “Yakni yang berkilat dan gemerlap seperti bulu-bulu dan rumbai-rumbai yang dipasang pada bagian atas gamis-gamis. “Berhadap-hadapan”diatas ranjang. Tidak seorangpun dari mereka yang duduk lalu punggungnya membelakangi orng lain.

Firman Allah selanjutnya, “Demikianlah, dan kami berikan kepada mereka bidadari-bidadari.”Yakni, pemberian ini beserta pemberian pasangan-pasangan yang baik, yaitu bidadari-bidadari dari yang”yang tidak pernah disentuh oleh jin dan manusia sebelumnya”dan”seolah-olah mereka itu adalah yaqut dan marjan”Tidak ada balasan yang baik kecuali dengan yang baik pula.”

Jadi dari Firman Allah diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa yang kelak akan menghuni surga Al-Maqamul Amin adalah mukmin-mukmin yang bertakwa kepada Allah.


Satu Tanggapan to “Surga Al-Maqamul Amin”

  1. welcome to my blog Ovan99 » Blog Archive » macam-macam surga Says:

    […] Ditulis dalam macam-macam surga. Tinggalkan sebuah Komentar » […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: